17an di Seoul

Agak telat untuk posting ini.. ;P  Tanggal 17 Agustus 2008 kemarin adalah pertama kalinya g ikut 17an di negara orang, dimana taun lalu g ga ikutan soalnya pas jatoh di hari kerja, jadi agak2 males untuk minta ijin advisor bolos ga ngelab.  Berangkat pagi2, soalnya udah di wanti2 kalau jam 9 tepat pintu gerbang KBRI Seoul bakal ditutup karena upacara udah dimulai, so…jadilah g berangkat pagi2 supaya sampai ke KBRI sebelum jam 9. Baju batik, celana bahan, sepatu baru (alah..sampe beli sepatu cantik baru di Ewha sehari sebelumnya..kk.. sepatu murah koq, tapi lumayan lah), dan pastinya ga lupa kamera buat poto2 kenang2an 17an.

Sampe di KBRI sekitar jam 8.45 ketemu yg lain say hi hi… becanda2 ga jelas. Disana juga banyak para TKI2 yg karena kemaren pas jatuhnya hari minggu mereka juga libur jadi mereka bisa dtg ikutan upacara. beragam org lah, dari yg pake jas sampe pake sendal dan celana pendek..well ga bisa komplain juga ya, semua harusnya udah ngerti aja lah masing2, masa mo diomelin kyk jaman SMP dulu dimana upacara musti pake baju yg super rapih n lengkap berseragam..kkk.

Yang semula ktnya upacara bakal dimulai jam 9 tepat..teng!!! ga taunya..wah..ga dimana2 kyknya budaya begini nih, telat!!! jam 9.35 baru mulai, udah mulai gerah pake batik.. :(… sekitar jam 9.35 upacara dimulai, seperti upacara2 dulu waktu sekolah cuma yg ini lebih santai aja. Para anggota keluarga KBRI, mereka rapih2 bgt… ibu2 berkebaya n sanggul, anak2nya juga.. yah memang harus gitu kan ya pak, bu… seneng aja ngeliatnya. Seperti kebanyakan orang, g juga termasuk org yang ga suka sama upacara, untungnya upacara kali ini sebentar bgt sampai2 ga ada amanat dari pembina upacara..rada aneh juga sih…

Selesai upacara seperti pada umumnya acara 17an di Indonesia, disini juga diadakan perlombaan-perlombaan, seperti tarik tambang, kelereng, balap karung, makan kerupuk, paku dalam botol, lomba foto (kebetulan g ikutan jadi peserta di lomba ini..:P), dan lomba2 yang diadakan sebelum hari H, seperti biliar, bowling, kartu..cuma yg g heran koq lomba2 ini cuma untuk anggota KBRI aja ya, orang Indonesia selain itu tidak diikutsertakan??

Siang itu untungnya ga hujan, jadi acara bisa terus berlangsung keliatannya semua orang yg dapet bisa ikut seneng merayakan HUT RI pada hari itu, dan kalo g sendiri berasa ada di negeri sendiri aja pada waktu itu.. jadi kesimpulannya, cukup meriah lah, cuman sayang ga ada panjat pinang..hahahaha

Tapi lucu, disini lomba makan kerupuk anaknya ga makan sendiri alias mesti digendong sama bapaknya..karena tali terlalu tinggi kali ya, dooh gmn yang anaknya gemuk ya pak…

Setelah acara perlombaan dilanjutkan dengan acara didalam ruangan untuk acara hiburan seperti musik-musik, pengumuman lomba pemenang, dan jelas makan-makan. Acara ini diisi dengan pemotongan tumpeng (tradisi bgt yah..), hiburan dari anak2 KBRI..lucu2 mereka nyanyi lagu2 kebangsaan, dan ada juga persembahan dari ibu-ibu dan seorang bapak korean dimana mereka main angklung…woaaaaa!!!..mereka aja bisa main angklung..kita bisa ga sehhh??!!! *jadi malu-. Yang tak lupa adalah dangdutan dari para TKI.. DOOoH..ga dimana mana ah.. Acara makan siang hari itu agak terlambat, kita semua kelaperan..untung nya ga lama makan siang dibuka, wah…bisa makan masakan Indonesia..

Acara juga selalu diselingi dengan pengumuman para pemenang dari perlombaan-perlombaan, tapi untuk perlombaan foto siang banget diumuminnya, padahal udah pengen pulang aja..capek bener..Tapi ternyata ga sia2..hehehe lumayan lah lomba foto dapet Juara 3, dapet tas backpack lowerpro buat kamera… emang udah lama rencana mau beli, tapi krn agak mahal jadi ditahan2 dulu ternyata malah dapet juga gratisan.. Tema foto yang dilombakan kali ini adalah seni & budaya Indonesia, sedangkan g ada di Korea gmn dunk tuh dapetin fotonya, yang ada akhirnya foto stok lama g kirim juga deh, foto yang juara 3 yg ini stok lama dari nikahan kaka g bulan Desember kemaren, cukup Indonesia kan??

Secara keseluruhan, 17an di negeri orang cukup meriah juga, walaupun kalo dibandingkan dengan acara dikampung2 sih jauh juga ya..tapi..dimana pun berada kita berada..Indonesia tetep selalu kita inget deh..(alahhhh)…

Advertisements

Author: RikaTY

A mother A teacher A researcher A viewfinder

One thought on “17an di Seoul”

  1. Merdeka juga deee kkk … *mumpung lagi ada semangat nasionalisnya:D*

    eh eh…masa see nyampenya jem 8.15 ;))
    yaaaa ga bisa denger acara siang 😦

    *ka…u nulisnya lagi cepet cepet yak…ada typo typo tu heheh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s